Apa aja sih landmark kota Semarang? Tugumuda, Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Polder Tawang, dan masih banyak lagi. tapi sayangnya masih banyak landmark menarik kota ini yang belum tertata dan terawat. Masalah terbesarnya, lagi lagi sampah. Beberapa hari yang lalu aku sempat main ke Polder Tawang, sebuah tempat yang ditujukan sebagai penampung air rob dan ruang terbuka untuk rekreasi. Sudah lama sebenarnya polder ini dibangun, tapi baru kali itu aku berkunjung, alasannya? malas karena bau tidak sedap yang sangat menyengat!


Kolam besar penampung rob (air laut pasang) yang berada di depan stasiun Tawang Semarang ini dikelola oleh beberapa dinas pemerintahan kota Semarang. dinas pariwisata kota Semarang http://semarang.go.id/cms/pemerintahan/dinas/pariwisata/kota_lama/polder.html

"Menurut fungsinya Polder Tawang merupakan suatu sistem untuk memproteksi air limpahan dari luar kawasan dam mengendalikan muka air di dalam Kota Lama. Komponen sistem polder ini terdiri dari : tanggul, pintu air, saluran, kolektor, pompa air dan kolam retensi."


selain itu, dinas pariwisata juga memanfaatkan Polder ini sebagai area wisata. pada awal pembangunannya, ada ebebrapa wahana di Polder Tawang, seperti Bebek kayuh dan city walk, tapi ketidak seriusan pemerintah dalam mengelolanya menjadikan polder tawang tampil menjijikkan dnegan air kotor dan sampah yang mengapung serta aroma tidak sedap yang menjadi salah satu ciri khas landmark kota Semarang ini.

Sebuah aset yang disia siakan, padahal sebenarnya banyak daya tarik POlder yang berada di dekat Kota Lama ini.....