Aku yakin udah banyak yang pernah kesini, atau setidaknya sudah pernah mendengar istilah "semawis". Aslinya, semawis berasal dari kata "semarang" yang dikromo inggilkan (tingkatan baahsa jawa nih kalau yang belum tahu, mulai dari ngoko, kromo madya, kromo inggil)
Sem = Asem
arang = awis = jarang, berjauhan
jadinya semarang = semawis (maksa banget ga sih??tapi yasudahlah, toh sudah diresmikan ini. )
nah, semawis itu aslinya daerah pecinan yang menajdi sebuah daerah tujuan wisata baru disemarang. isinya, wisata kuliner dan pernak pernik khas cina, sebangsa giok, hio, lan saliya liyane.posisi kampung semawis sendiri ada di kawasan pecinan di dekat johar, dibelakang kauman. jadi nggak terlalu susah buat kesananya, tinggal naik angkot atau bus yang disambung dengan becak, sampai deh.
apa aja sih makanan yang ada disitu? katanya wisata kuliner?
banyak banget, ada sate babi, sate babi ala kambing, sup hiu, babi guling, mie babi, dan sebagainya, tapi sante aja, nggak smua pake babi kok. ada soto ayam, lumpia dan aneka minuman juga. jadi jangan khawatir buat makan disini, banyak pilihannya (kalo nggak salah pedaganganya ada yang jilbaban juga deh) meriah deh!
nah, pas Aku kesana, kok ya ujan, untungnya ga lama sih, dan abis itu justru suasananya makin asik. kayaknya nggak salah deh orang cina nganggep ujan itu berkah, hehehe