Malam tahun baru di Semarang disambut antusias oleh warga. Hampir seluruh jalanan yang menghubungkan titik titik perayaan tahun baru dipenuhi oleh masyarakat yang sebagian besar menggunakan sepeda motor,akibatnya, kemacetan tidak dapat dihindari. Salah satu titik macet pada perayaan tahun baru yang paling parah terjadi di wilayah

Gombel. Di wilayah tanjakan yang menghubungkan daerah Semarang Bawah dan Semarang Atas ini terjadi penumpukan kendaraan yang disebabkan oleh arus kendaraan yang berbenturan.



Kemacetan terjadi sejak tanggal 31 Desember 2009 pukul 23.00 hingga pagi sekitar pukul 05.00 tanggal 1 Januari 2010. Antrean kendaraan yang berebut mencari jalan semakin memperparah kemacetan. Sehinga tidak sedikit kendaraan yang mngalami kecelakaan kecil hingga mogok.

Antisipasi polisi dalam menangani kemacetan juga dinilai lambat. Ungkapan kekecewaan warga terhadap kinerja kepolisian sempat dilayangkan di tengah kemacetan bahkan di status Facebook. Padahal unit polisi yang bertugas sudah disiagakan sejak sore sebelum malam tahun baru.