Ini dia salah satu mercusuar warisan zaman penjajahan Belanda di Indonesia: Mercusuar Tanjung Kelian yang berada di Muntok Bangka Belitung. Dibangun pada tahun 1882, hebatnya, mercusuar ini bahkan masih berfungsi sampai sekarang, terlebih setelah pelabuhan utama Muntok yang juga pintu gerbang pulau Bangka dari arah Sumatra dipindahkan ke daerah Tanjung Kelian.

Bila kita menaiki mercusuar setinggi 60 meter ini, maka akan kita dapatkan panorama pesisir barat pulau Bangka, lengkap dengan lanskap bangkai kapal yang konon merupakan sisa pertempuran pasukan Belanda dengan Jepang dan perbukitan di sisi Timur mercusuar. cukup membayar biaya kebersihan ssecara sukarela, kita sudah dapat mulai menyusuri 199 anak tangga yang melingkar menuju puncak menara.





Dipuncak menara, kita dapat mengakses beranda yang berada tepat dibawah ruang lampu untuk berjalan di sisi luar mercusuar. meskipun ruangan lampu terkunci-untuk menghindari tangan jahil yang berpotensi merusak dan mengganggu kinerja mercusuar-tetapi kelelahan akibat mendaki mercusuar akan segera terobati oleh indahnya panorama dari atas menara.





Hanya saja patut disayangkan, sebagaimana nasib obyek wisata murah lain di Indonesia, Mercusuar Tanjung Kelian tidak luput dari ulah pengunjung yang mencoreti bagian dalam mercusuar..